About

Senin, 09 Oktober 2017

Maag

Maag
Maag adalah kasus yang cukup banyak ditemui dalam masyarakat. Bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2012, tingkat kejadian penyakit maag di Indonesia mencapai 40,8 persen. Akan tetapi, banyak orang masih belum memahami sepenuhnya apa itu penyakit maag.
Image result for maag penyakit

Anda mungkin masih sering dengar mitos bahwa semua orang itu pasti punya maag, masalahnya hanya apakah maag tersebut akan kambuh jadi penyakit. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu lebih lanjut seputar maag dalam ulasan berikut ini.

Apa itu penyakit maag?

Sebenarnya, tak ada istilah penyakit maag dalam dunia medis. Maag hanyalah istilah yang digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan (indigestion). Misalnya keluhan sakit perut, mual, muntah, dada terasa nyeri seperti terbakar, kembung, begah, dan mulut terasa asam. Maka, maag sendiri sebenarnya bukan penyakit, melainkan gejala yang menandakan adanya penyakit tertentu.

Penyakit apa saja yang ditandai dengan maag?

Salah satu penyebab maag adalah penyakit asam lambung (GERD atau refluks asam lambung). Penyakit ini terjadi saat isi lambung, termasuk asam lambung, naik menuju kerongkongan sehingga Anda merasa mual, muntah, dan nyeri dada.  
Penyakit lain yang mungkin menimbulkan maag antara lain tukak lambung (peradangan lambung, usus, atau kerongkongan), infeksi perut, dan penyakit irritable bowel syndrome. Pada beberapa kasus langka, maag bisa menandakan kanker perut.

Benarkah semua orang punya maag?

Anggapan bahwa semua orang punya maag itu keliru. Maag bukanlah jaringan atau organ tubuh manusia. Maag juga bukan kondisi yang pasti muncul dan dialami oleh setiap orang. Hanya orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung dan tukak lambung yang akan menunjukkan gejala yaitu maag.
Namun, banyak orang salah paham dan mengira bahwa maag itu sama dengan asam lambung. Ini karena pada kebanyakan kasus, keluhan maag disebabkan oleh gangguan asam lambung. Asam lambung sendiri adalah enzim yang diproduksi tubuh secara alami. Gunanya adalah mencerna makanan. Kalau Anda kebanyakan asam lambung atau bila asam lambung naik ke kerongkongan, ini akan menyebabkan gejala-gejala yang lebih dikenal dengan sebutan maag.
Jadi, sebetulnya tidak semua orang punya maag. Sederhananya, mengatakan semua orang punya maag itu sama saja dengan mengatakan bahwa semua orang punya diabetes. Hal ini tentu tidak benar. Semua orang memang punya asam lambung seperti halnya semua orang punya kadar gula dalam darahnya. Akan tetapi, asam lambung tidak akan menjadi penyakit maag kalau tidak dipicu oleh faktor risiko.

Apa yang membuat seseorang rentan terkena penyakit maag?

Ada beberapa hal yang bisa memicu maag atau penyakit yang menyebabkan maag. Berikut adalah faktor-faktor risiko yang mungkin membuat Anda rentan penyakit maag.
  • Pola makan tidak teratur
  • Sering mengonsumsi makanan pedas atau yang kadar lemaknya tinggi seperti gorengan
  • Gaya hidup tidak sehat seperti merokok atau kebanyakan minum minuman beralkohol
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Sedang menjalani pengobatan tertentu seperti antibiotik, aspirinsteroid, dan pil KB
  • Stres atau kelelahan

Sumber: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/apa-itu-penyakit-maag/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Sonifikasi

SONIFIKASI Sonikasi adalah suatu teknologi yang memanfaatkan gelombang ultrasonik. Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekue...

Cari Blog Ini

The Alien

Pages

Blogger templates