About

Senin, 29 Januari 2018

Organ Pernapasan Manusia

Organ Pernapasan Manusia

Pengertian Sistem Pernapasan

sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
Bernapas itu ya sederhananya menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida kalau pengertian sistem pernapasan atau respirasi pada manusia intinya adalah semua organ yang berperan dalam proses pernafasan.

Oksigen merupakan gas yang sangat utama bagi proses pernapasan yang kita hirup dari udara disekitar kita. Nantinya oksigen tersebut digunakan dalam proses menguraikan zat glukosa sehingga nantinya kita mendapatkan energi.
Di dalam sistem pernapasan manusia kita akan belajar dua hal yaitu yang pertama tentang saluran pernapasan dan yang kedua adalah tentang mekanisme pernapasan
Alat Saluran Pernapasan
Saluran pernapasan adalah organ tubuh kita yang digunakan sebagai tempat masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida yang diperlukan sebagai proses pernafasan. Oksigen yang kita hirup dimulai dari hidung atau  bisa melalui mulut dan terakhir prosesnya ada di organ utama yaitu paru-paru.

Alat dan Bagian Sistem Pernapasan Pada Manusia

bagian sistem-pernapasan-pada-manusia-dan-fungsinya
pakmono.com
Berikut ini alat dan bagian sistem pernapasan manusia sesuai urutannya:

1. Hidung

Hidung ini adalah organ tubuh pertama kita yang dilalui oleh oksigen. Bagian hidung terdiri dari lubang hidung, rongga hidung dan ujung rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu-bulu hidung, makanya lebih aman kalau kita bernafas menggunakan hidung daripada mulut.
  1. Dengan menghirup udara dengan hidung, udara yang masuk akan tersaring oleh bulu-bulu hidung selaput lendir akhirnya udara menjadi bersih. Makanya gk heran jika di hidung kita terdapat upil 😀 .
  2. Hidung akan menyesuaikan suhu dan kelembaban udara sesuai tubuh kita

2. Tenggorokan

Tenggorokan ini memiliki 2 cabang saluran yaitu untuk saluran pernafasan dan untuk saluran pencernaan. Khusus untuk saluran pernafasan biasanya panjangnya 12-14 cm. Tepat dibagian pangkalnya tenggorokan kita namakan laring.
Laring ini panjangnya hanya sekitar 3-4 cm dan berbentuk seperti kerucut terbalik yang tersusun dari 9 tulang rawan dan beberapa otot. Nah jika kita amati secara seksama di tulang rawan, kita akan menemukan pintu masuk laring atau biasa kita sebut epiglotis.
Epiglotis ini fungsinya sangat penting bagi kita karena dia memiliki klep yang tugasnya mengatur pergantian pertukaran udara pernafasan dan makanan pada persimpangan jalan masuk itu. Makanya orang tua kita bilang kalau makan gak boleh ngomong (bener itu).
Selain epiglotis, terdapat organ lain di laring yaitu cairan dan pita suara. kita bisa berbicara karena pita suara kita bergetar yang mana diatur ketegangannya diatur oleh beberapa otot di dalamnya. Kalau cairan ini berfungsi untuk menangkap debu dan kotoran yang masuk.

3. Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea ini terletak di kerongkongan saluran makanan. Trakea ini tersusun dari tulang rawan yang berbentuk cincin. Untuk dinding sebelah dalamnya terdapat selaput lendir dan silia. fungsinya adalah menahan dan mengeluarkan kotoran agar tidak masuk paru-paru jika kotoran tersebut tidak mampu ditangkap oleh cairan dari laring.

Lho terus gimana ngeluarin kotorannya?
Gampang! caranya bisa dengan bersin atau batuk.
Di Trakea ini terdapat dua cabang yaitu bronkus.

4. Bronkus

Bronkus ini adalah cabang trakea dan tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Cabangnya ada dua yaitu kekanan menuju paru-paru kanan dan kekiri menuju paru paru kiri.
Fungsi dari bronkus sendiri adalah sebagai tempat untuk masuknya udara ke paru-paru dan keluarnya udara dari paru-paru.
INGAT! bronkus punya anak bernama bronkiolus.

5. Bronkiolus

Cabang bronkus adalah bronkiolus. Jumlah cabangnya sesuai gelambir paru-paru, bagi yang menuju paru-paru kanan berjumlah 3 cabang sedangkan yang paru-paru kiri ada 2 cabang. Bronkiolus adalah saluran halus, kecil, dan dindingnya tipis. Bronkiolus rongganya ada silia dan tidak memiliki tulang rawan.
Ujung Bronkiolus terdapat gelembung-gelembung sangat kecil dinamakan alveolus

6. Alveolus

Alvelous ini memungkin udara keluar masuk (oksigen dan karbon dioksida) dari dalam paru-paru. Alvelous ini berjumlah sekitar 300 juta dalam paru-paru. Alvelous diselubungi pembuluh darah yang membentuk jaring. Dinding alvelous sangat tipis seperti silapis sel, lembab, dan berdekatan dengan kapiler darah.

7. Paru-paru

Inilah organ yang paling vital di antara organ yang lain. Paru-paru ini letaknya berada di dalam rongga dada tepatnya diatas diafragma.
Diafragma?
Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi antara rongga perut dan rongga dada. Manusia memiliki 2 pasang paru-paru, kanan dan kiri.
Bagian kiri terdapat 2 gelambir/lobus (atas bawah) dan dikiri ada 3 gelambir yaitu atas, tengah dan bawah. Paru-paru terbungkus pleura (selaput paru-paru). Pleura memiliki 2 lapisan dan salah satu lapisannya berisi cairan.
Fungsi cairan tersebut adalah Supaya tidak ada lecet pada paru-paru akibat gesekan yang disebabkan mengembang dan mengempisnya paru-paru. Kapasitas maksimal paru-paru menampung udara adalah berkisar sekitar 3,5 liter.

2. Proses Sistem Pernapasan Pada Manusia

proses sistem pernapasan
mybod.co.nz
Pertukaran gas antara oksigen dengan karbondioksida penting supaya proses respirasi sel terus berlangsung. Atmosfer menyediakan bagi kita sekitar 21% Oksigen dibandingkan dengan semua gas yang ada.
Lho kenapa dikit?
Katanya guru saya sih jumlah oksigen di bumi sudah sangat seimbang, jika kebanyakan akan mengakibatkan bumi terbakar, jika sedikit kita sulit untuk bernafas.
Udara setelah melewati hidung, masuk kerongkongan atas ( Naro Pharinx) kemudian masuk tenggorokan. Kemudian setelah itu masuk trakea dan diteruskan ke bronkus melalui dua cabangnya tersebut.
Udara Masuk Alvelous terus kapiler dan mengalir ke vena pulmonalis (pembuluh balik paru-paru) untuk diambil oksigennya oleh darah. Terakhir karbon dioksida dikeluarkan melalui hidung.
Berikut proses umum pernapasan pada manusia
  1. Udara masuk lubang hidung
  2. melewati kerongkongan atas atau naro pharinx
  3. Melewati tenggorokan
  4. Melewati glotis
  5. Melewati trakea
  6. Masuk bronchus
  7. Masuk bronchiolus
  8. Udara berakhir pada alveolus
Ingat! menarik napas: inspirasi, mengeluarkan napas: ekspirasi
Inspirasi
Ketika kita inspirasi, otot diafragma berkonstraksi (melengkung menjadi lurus). Kemudian rongga dada terangkat dan membesar, karena otot antar tulang rusuk berkontraksi.
Karena rongga dada mengembang, maka tekanan udara di dalamnya mengecil ( tekanan udara dalam lebih kecil dari tekanan udara luar) akibatnya udara luar masuk ke dalam paru-paru.
Ekspirasi
Ketika kita mengeluarkan udara otot diafragma berelaksasi (lurus menjadi lengkung). Rongga dada mengecil karena otot antar tulang berelaksasi. Karena rongga dada mengecil maka tekanan udara di dalamnya membesar (tekanan udara dalam lebih besar dari tekanan udara luar) akibatnya udara keluar dari dalam.

Jenis Pernapasan Pada Sistem Pernapasan Pada Manusia

sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
mindfulmovementproject.wordpress.com
Pada manusia terdapat 2 jenis pernapasan yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut
1. Pernapasan dada: pernapasan yang terjadi karena kerja otot antar tulang yang berkontraksi.
Inspirasi: otot antar tulang berkontraksi, tulang rusuk naik, paru-paru mengembang, rongga dada membesar, tekanan dalam lebih kecil dari tekanan luar
ekspirasi: otot antar tulang berelaksasi, tulang rusuk turun, paru-paru menyusut, rongga dada membesar, tekanan dalam lebih besar dari tekanan luar
pernapasan perut: pernapasan yang terjadi karena kerja otot diafragma
inspirasi: otot diafragma berkontraksi, tulang rusuk naik, rongga dada membesar, tekanan dalam lebih kecil dari tekanan luar
ekspirasi: otot diafragma berelaksasi, tulang rusuk turun, rongga dada mengecil, tekanan dalam lebih besar dari tekanan luar

Penyakit Sistem Pernapasan Pada Manusia

Terdapat penyakit sistem pernapasan pada manusia, berikut.
Hipoksemia
sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
okezone.com
Penyakit ini disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen bagi tubuh atau karena asma. Penderita akan mengalami gejala seperti kebingungan, berkeringat, kulit berwarna biru atau merah keunguan, halusinasi dan detak jantung cepat.
beberapa pengobatan yang bisa dilakukan
  1. Memasok oksigen ke dalam tubuh. Tubuh penderita hipoksia akan dipasok oksigen menggunakan selang atau masker oksigen. Semakin cepat kadar oksigen dalam tubuhnya kembali normal, semakin kecil risiko kerusakan organ tubuh
  2. Ruang hiperbarik. Penderita hipoksia yang disebabkan oleh keracunan karbon monoksida biasanya akan dimasukkan ke dalam ruang hiperbarik, yang berfungsi meningkatkan okigen dalam darah
  3. Intubasi. Membuat saluran udara mekanis yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dengan kadar di atas normal.
2. Asma
sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
sehatfresh.com
Penyakit asma disebabkan oleh alergi seperti debu, bulu, atau rambut dan terjadi Penyempitan saluran pernapasan utama pada paru-paru. Pada beberapa kasus penyakit ini bersifat genetis (bawaan sejak lahir) dan tidak menular ke orang lain.
Beberapa gejala  orang terkena asma adalah nafas berbunyi (bengek), Batuk-batuk hanya pada malam hari dan cuaca dingin, mudah lelah, badan letih, dan nafas pendek
Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya jangan memelihara binatang yang berbulu banyak, jangan tinggal di tempat kotor dan jangan terlalu banyak melakukan olahraga jika napas tidak kuat
Jika sudah terlancur bisa diobati diantaranya
  1.  Kopi. Kadang orang beranggapan kopi berbahaya pada kesehatan. Namun kopi sangat penting untuk yang mempunyai penyakit asma.
  2. Jahe. Cara mengobati asma yang kambuh, Jahe telah terbukti untuk melegakan saluran pernapasan dan melegakan saluran pernapasan yang menyempit.
3. SIDS (suddeninfantdeathsyndrome)
sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
violetsleepbabysleep.com
Kalau ini adalah sindrom kematian mendadak pada bayi yang tampak sehat. Biasanya sih paling sering ditemukan pada bayi berusia 2 minggu – 1 tahun. Banyak sekali sebabnya yaitu mungkin ibunya adalah perokok/pecandu obat, Bayi ditidurkan tengkurap (pada bayi kurang dari 4 bulan) dan bayi yang lahir prematur
Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk orang tua :
  1. Selalu letakkan bayi dalam posisi telentang saat tidur
  2. Jauhkan berbagai selimut atau kain yang berbulu (diisi dengan kapuk/kain)
  3. Pastikan wajah dan kepala bayi tidak tertutup apapun
  4. Jangan biarkan siapapun merokok di sekitar bayi
Seandainya bayi sudah terlanjur mati, ada cara pengobatan yaitu:
  1. Orang tua yang kehilangan anaknya karena SIDS memerlukan dukungan emosional. Penyebab kematian anaknya tidak diketahui, sehingga mereka seringkali merasa bersalah.
  2. Mungkin ada baiknya jika orang tua merencanakan untuk memiliki anak lagi 😀 .
4. Apneatidur/sleepapnea
Penyakit apneatidur ini adalah terganggunya pernapasan karena dinding tenggorokan yang terlalu rileks dan menyempit (bahkan menutup saluran udara) ketika sedang tidur. Penyebab sih diantaranya karena obesitas, hidung tersumbat, hobi Merokok, mengonsumsi obat penenang dan memiliki leher lebih dari 43 cm
Beberapa gejala yang nampak penderita apnea adalah ketika tidur mendengkur dengan keras, sering mengalami henti napas dan terengah-engah, berkeringat secara berlebihan, tidak merasa segar saat terbangun, terbangun dengan mulut kering/tenggorokan terasa sakit
Pencegahan:
  1. Menghindari obat-obatan penenang/obat tidur
  2. Hindari tidur telentang, usahakan untuk tidur dengan posisi miring
5. SIANOSIS
Sianosis adalah gangguan pernapasan yang kebiruan pada kulit yang disebabkan karena jumlah hemoglobin deoksigenisasi yang berlebihan di dalam pembuluh darah kulit, terutama kapiler. Diantara gejalanya adalah nafas terengah-engah, sesak napas atau kesulitan bernapas, sakit dada, berkeringat dingin, rasa sakit atau mati rasa di lengan, tangan, atau jari,  pucat pada lengan, tangan, atau jari dan pusing atau pingsan
Pengobatan:
  1. Dokter akan menentukan pengobatan berdasarkan penyebab sianosis. Bisa sangat sederhana seperti menghindari paparan suhu tinggi dan / atau menghindari ketinggian minum antibiotik (jika penyebabnya adalah infeksi) atau operasi (dalam kasus kegagalan). Dalam kebanyakan kasus, setelah perawatan, sianosis tidak terulang kembali. Akan tetapi diperlukan pemeriksaan dokter terhadap pasien secara berkala untuk menentukan status kesehatan mereka.
6. SINDROM BATUK PILEK
Sebenarnya penyakit ini disebabkan karena alergi bukan virus. Karena, infeksi saluran napas harus ada sumber penularan kontak yang terkena infeksi. Misalnya minum es memang akan memperberat batuk, dan pilek yang terjadi. Pada penderita alergi kadangkala bukan hanya es, tetapi kandungan es yang ada seperti es jeruk atau es coklat bisa menjadi penyebab alergi batuk.
Bila terdapat faktor tersebut di atas tetapi tidak ada kontak yang sakit flu atau virus maka tidak akan terjadi atau tertular infeksi tersebut.
Gejalanya seperti nafas terengah-engah, sesak napas atau kesulitan bernapas, sakit dada, berkeringat dingin dan pusing atau pingsan
Pencegahan:
  1. Penyebaran virus flu umumnya melalui bersin dan batuk dari penderita atau dari benda yang pernah disentuh penderita. Langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Bagi pengguna kendaraan umum, disarankan untuk memakai masker saat bepergian.
  2. Langkah pencegahan lainnya adalah dengan vaksinasi. Tetapi cara ini hanya dianjurkan bagi mereka yang lebih rentan mengalami komplikasi flu.
Pengobatan:
  1. Biasanya tidak membutuhkan penanganan medis karena penyakit ini umumnya sembuh sendiri. Beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah istirahat yang cukup, banyak minum, serta menjaga tubuh agar tetap hangat.
  2. Kamu bisa juga dengan meminum parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam serta mengurangi rasa sakit dan pegal. Tidak dianjurkan mengonsumsi antibiotik karena obat ini berfungsi membunuh bakteri, sedangkan flu disebabkan oleh virus.
7. TBC
sistem pernapasan pada manusia dan fungsinya
keepo.me
Inilah penyakit paling berbahaya bagi proses sistem pernapasan pada manusia. TBC lebih seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri mikobakterium tuberkulosa. Biasanya disebabkan karena udara yang tercemar, atau karena penderita TBC batuk mengenai kita disaat daya tahan tubuh kita lemah.
Penyakit ini menyerang paru-paru dan berkembang disitu. Jika Tidak segera ditangani bisa merambah ke sistem pernapasan pada manusia lainnya seperti pembuluh darah, otak, ginjal , saluran pencernaan, dan organ lainnya.
Pencegahan:
  1. Disarankan untuk tidak makan satu wadah dengan orang TBC
  2. Bagi penderita Selalu membawa tisu atau kain dan menutup batuknya supaya tidak menular ke yang lainnya

Sumber: https://hidupsimpel.com/sistem-pernapasan-pada-manusia-beserta-fungsi-penyakit-dan-gambarnya/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Sonifikasi

SONIFIKASI Sonikasi adalah suatu teknologi yang memanfaatkan gelombang ultrasonik. Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekue...

Cari Blog Ini

The Alien

Pages

Blogger templates